Uncategorized

5 Gaya Potongan Sayuran Agar Terlihat Estetik

lwfservers.com – Ingin masakan Anda terlihat lebih menarik? Cobalah beberapa teknik memotong sayuran yang bervariasi sehingga akan terlihat lain daripada yang lain dan menggugah selera. Yang harus diperhatikan adalah gaya potongan sayuran ini harus diaplikasikan sesuai dengan jenis sayuran yang akan dimasak. Tentu saja Anda akan merasa bangga menyajikan makanan lezat dengan tampilan yang estetik. 

Jenis Dan Teknik Pemotongan Sayuran

  1. Julienne

Sayuran yang cocok untuk dipotong menggunakan potongan julienne ini adalah jenis sayuran padat seperti paprika, lobak, kentang, wortel, dan lain sebagainya. Langkah awalnya adalah dengan mengupas dan memotongnya dengan ukuran 5 cm dan usahakan lurus. Di step berikutnya, cobalah dirikan sayuran di tepi potongan dan potongan yang tidak rata akan membuat sayuran terjatuh. 

 

Dirikanlah sayuran dengan lurus dan potonglah tepi yang bundar. Agar sisa sayuran tidak terbuang, Anda dapat mencampurkannya ke makanan yang lain seperti kaldu atau sayuran tumbuk. Hasil potongan ini adalah bagian pojok sudut kanan dan sisinya lurus. 

 

Iris tumpukan sayuran menjadi potongan garis selebar 4mm dan susun kembali potongan hingga cukup aman untuk di iris. Selanjutnya potong 1/8 inci agar membentuk seperti korek api yang panjang. Potonglah sayuran sesuai seratnya agar lebih mudah dan terlihat cantik. Biasanya potongan ini digunakan untuk makanan yang digoreng, ditumis ataupun di kukus. 

 

  1. Chiffonade

Sayuran yang biasanya dipotong menggunakan teknik ini adalah yang berupa lembaran daun dan biasanya digunakan untuk garnish. Teknik potongnya adalah dengan menumpuk sayuran menjadi tumpukan yang rapid an memeotongnya menjadi garis-garis yang ukuran lebarnya kurang lebih 1 mm. Selain itu Anda juga dapat menggulugnya dan mengiris dengan lebar yang sama. 

 

Agar lebih mudah di iris, gulunglah dalam ukuran yang kecil saja. Namun harus diperhatikan juga karena cara digulung ini kurang cocok untuk beberapa jenis sayuran seperti selada atau yang disajikan dengan mentah. Proses ini akan mempengaruhi hasil akhir yaitu sayuran tidak bisa renyah seperti yang lainnya. 

 

  1. Jardiniere

Teknik ini mirip dengan Julienne namun potongan pertamanya berukuran 10 atau 12 cm. Selanjutnya potonglah menjadi bentuk stick panjang dengan lebarnya 5mm hingga 10 mm. Setelah itu potong lagi menjadi stik 5 x 2 cm apabila ukurannya 10 cm. untuk ukuran 12 cm, ukuran stiknya 4 x 3 cm.

 

  1. Brunoise

Teknik ini adalah potongan yang berbentuk dadu kubus yang tipis berukuran sama rata yaitu 4 mm. Caranya adalah dengan menata sayuran dengan ditumpuk seperti teknik di julienne dan dilanjutkan dengan memotong bentuk garis menjadi kubus kecil setiap 4mm. Potong lagi sayuran hingga menghasilkan kubus yang lebih kecil lagi dan hasil akhirnya berukuran 4 x 4 x 4 mm. 

 

  1. Macedoine

Teknik potong sayuran ini mirip dengan brunoiise namun dengan ukuran yang lebih besar. Siapkan sayuran dengan teknik potong jardineiere. Lanjutkanlah dengan membuat bentuk baton dengan ukuran 2, 3 atau 4 cm dan potong menjadi ukuran 1 cm. hasil akhirnya adalah potongan kubus dengan ukuran 1 x 1 x 1 cm. 

Baca Juga : Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Walaupun sebenarnya teknik gaya potongan sayuran ini biasanya digunakan para chef, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba mempelajarinya. Pada awalnya mungkin masih tidak sempurna dan mengalami kesulitan, namun bila sering dilatih hasilnya pasti akan maksimal.