Uncategorized

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

lwfservers.com – Menggambar perspektif adalah suatu teknik menggambar yang mengilustrasikan  dimensi melalui bidang datar. Pada dasarnya gambar perspektif 2 titik hilang sama halnya seperti perspektif 1 titik, perbedaannya terdapat pada perspektif dua titik mempunyai batas pandangan dua buah. Teknik ini biasanya digunakan untuk menyatakan pandangan seni tata ruang bagian luar suatu bangunan.

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Hal Itu

Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh dalam penggambaran, faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain:

  1. Letak bidang gambarnya

Dalam penggambaran meletakkan suatu objek akan sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya hasil. Hasil gambarnya akan menjadi kecil apabila objek dibelakang gambar bidang. Objek sama dibidang gambar hasil gambarnya sama dengan benda sebenarnya dan satu lagi jika objek berada didepan bidang gambar hasil gambarnya akan menjadi lebih besar.

  1. Batas pandangan mata

Batas pandangan mempunyai sudut pandang cukup terbatas dan terlihat nyata pada lampu sorot. Batas penglihatan/ pandangan berupa bentuk lingkaran.Jika suatu gambar memiliki sudut yang melebihi 30 derajat maka hasilnya tidak tepat lagi karena penglihatan mata normal mendekati sudut 30 derajat

  1. Arah pandang mata

Arah pandang mata usahakan tegak lurus terhadap objek dan bidang utama.

  1. Jarak pandang orang

Jarak orang melihat suatu bidang sesuai dengan batas pandang mata yaitu 30 derajat. Tetapi bila gambar agak lebar maka usahakan hanya sampai batas pandang sudut 50 derajat dan tidak lebih.

  1. Tinggi horizon

Letak horizon untuk orang dewasa sebesar 1,6 meter, diukur dari garis tanah (ground line), perlu Anda ingat tinggi horizon tidak selalu 1,6 meter, melainkan tergantung kesan yang akan Anda ambil. Itu artinya pengambilan titik horizon dapat lebih rendah  atau lebih tinggi.

  1. Perhatikan titik hilangnya

Merupakan peristiwa gejala alam bila kita melihat sesuatu yang sejajar akan menjadi satu, contohnya saja ketika kamu melihat jalur kereta api semakin jauh kamu melihat maka seakan akan jalur kereta api akan menjadi satu 

Bagian – Bagian dari Perspektif 

Supaya dalam melakukan penggambaran bisa dilakukan dengan baik dan benar, maka kita perlu memahami bagian-bagian tentang peletakan bidang gambar, denah, garis horizon, garis tanah, titik hilang, station point, dan dasar pengukuran benda. Sebagai langkah awal penggambaran perspektif gambarlah bagian perspektif 2 titik hilang.

Lalukan Proses Penggambaran

Untuk mendapatkan tinggi gambar yang sebenarnya maka Anda bisa melakukan penarikan garis tegak lurus ke garis tanah dan tarik sejajar dari arah samping juga sama sejajar dengan garis tanah. Ada beberapa hal yang wajib Anda ingat, diantaranya adalah:

  • Station point ( SP ) yang tepat ditarik dari sudut denah menempel dari bidang gambarnya sampai menuju garis.
  • Pengetahuan mengenai kurang jelasnya dalam penggambaran, maka Anda coba geser pada bagian station point.
  • VPR condong ke arah kanan.
  • VPL condong ke arah kiri.

Baca Juga : Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Kapital di Excel dengan Mudah

Dengan mengetahui pembahasan mengenai gambar perspektif 2 titik hilang, semoga bermanfaat bagi Anda dan mudah dipahami.